Selasa, 17 Februari 2015

Pengantar Teknologi SIA (Tulisan 27)

Klasifikasi Sistem Perdagangan
1.    Berdasarkan kesiapan pembayaran
a.        Sistem Debit, dimana konsumen harus terlebih dahulu memiliki cadangan dana di suatu tempat, biasanya berupa rekening di suatu bank. Contohnya adalah penggunaan kartu debit dan cek.
b.        Sistem Kredit, dimana seorang pembeli dapat berhutang dahulu kepada sebuah pihak saat pembelian. Contoh pembayaran charge card (misalnya American Express) dan kartu kredit (misalnya Visa dan MasterCard)
c.         Sistem Prepaid, konsumen harus membeli dan memiliki uang sebelum membeli suatu barang

2.    Berdasarkan keterlacakan transaksi
·           Transaksi teridentifikasi terlacak
a.        Transaksi Anonim, yaitu transaksi dimana pedagang tidak mengetahui identitas seorang konsumennya

b.        Enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus.
c.        Deskripsi adalah satu kaedah upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat dengan tujuan agar dapat dimengerti oleh orang yang tidak langsung mengalaminya sendiri.

Beberapa macam penyerangan terhadap pesan yang dienkripsi :
a.      Ciphertext only attack, penyerang hanya mendapatkan pesan yang sudah tersandikan saja.
b.      Known plaintext attack, dimana penyerang selain mendapatkan sandi, juga mendapatkan pesan asli. Terkadang disebut pula clear-text attack.
c.     Choosen plaintext attack, sama dengan known plaintext attack, namun penyerang bahkan dapat memilih penggalan mana dari pesan asli yang akan disandikan.

Penyerangan dapat dikategorikan menjadi :
a.        Snifftingmendengarkan seluruh paket yang  lewat pada sebuah media komunikasi, baik itu media kabel maupun radio
b.·           Replay attack,
c.        Spoofingsebuah model serangan yang bertujuan untuk menipu seseorang. Serangan ini  dilakukan   dengan   cara   mengubah   alamat   asal   sebuah   paket,   sehingga   dapat   melewati perlindungan  firewall  dan menipu  host  penerima data

                                    Kunci SimetrisKunci untuk membuat pesan yang disandikan sama dengan kunci
                     untuk membuka pesan yang disandikan ituContoh algoritma kunci simetris yang 

terkenal adalah DES 
Kunci Asimetrispasangan kunci kriptografi yang salah satunya digunakan untuk proses
enkripsi dan yang satu lagi untuk dekripsi. Contoh algoritma terkenal yang 
menggunakan kunci asimetris adalah RSA.
Fungsi Hash Satu Arah
                     Hash function atau fungsi hash adalah suatu cara menciptakan “fingerprint” dari 
                     berbagai data masukan. Hash function akan mengganti atau mentranspose-kan data 
                    tersebut untuk menciptakan fingerprint, yang biasa disebut hash value.

 Fungsi hash satu arah (one-way hash function) adalah hash function yang bekerja satu arah, yaitu suatu hash function yang dengan mudah dapat menghitung hash value dari pre-image, tetapi sangat sukar untuk menghitung pre-image dari hash value. Sebuah fungsi hash satu arah, H(M), beroperasi pada suatu pre-image pesan M dengan panjang sembarang, dan mengembalikan nilai hash h yang memiliki panjang tetap.
Tanda Tangan Digital, Tanda tangan digital adalah stempel autentikasi elektronik yang
dienkripsi pada informasi digital seperti pesan email, makro, atau dokumen elektronik.
Tanda tangan mengonfirmasi bahwa informasi berasal dari penanda tangan dan belum
diubah.
 
·      Periklanan di internet tumbuh sangat cepat karena pertumbuhan belanja iklan yang meningkat, akses internet sudah semakin cepat, terjadinya globalisasi dimana masyarakat sekarang menggunakan gadget dalam kehidupan sehari-hari.

·      Keistimewaan dan Keunggulan Internet :
1)        Efficiency           : apa yang disajikan dalam internet dapat dinikmati oleh
 pengunjung oleh jumlah yang tak terbatas, tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan
2)        Without Boundary : internet tidak mengenal tapal batas negara atau benua
3)        24 Hours Online : internet suatu media informasi yang berlangsung sepanjang
waktu
4)        Interactive : topik dan hasil riset bisa didiskusikan melalui sarana mailing list atau
chating tertentu. Selain itu, peneliti juga bisa mengikuti perkembangan terbaru atau meminta komentar dan penilaian dari berbagai pihak mengenai hasil penelitiannya
5)        Hyperlink : anda dapat menjelajah darisatu jaringan komputer ke jaringan
komputer lainnya yang tergabung dalam internet, dari satu negara ke negara lainnya, dari satu benua ke benua lainnya hanya dalam waktu sekejap
6)        No License Required : untuk dapat menayangkan informasi dalam internet, tidak
diperlukan adanya surat izin (SIUPP) terlebih dahulu
7)        No Censorship : hingga kini belum ada satu badan pun di dunia ini yang berwenang
resmi untuk menyensor (apalagi membredel) informasi dalam internet.

·      Bagian- bagian dari Piramida untuk Web Plan:
Strategi dibagian paling atas piramida, berkaitan dengan pemfokusan pada pasar spesifik, kebutuhan pasar, dan penawaran dalam atau dari website. Taktik pada level kedua, akan menetapkan pesan – pesan pemasaran atau pemasaran dan cara bagaimana pesan – pesan tersebut dikirimkan. Program pada level paling dasar piramida, menyediakan implementasi spesifik.

·      Proyek dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat : ARPANET

·      Pengertian dari istilah- istilah berikut :
a.      Mailing List : fasilitas untuk berdiskusi secara elektronik yang dilakukan sekelompok
orang dengan menggunakan fasilitas email
b.      WWW : salah satu web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data
dan informasi untuk dapat digunakan bersama
c.       Email : salah satu proses pengiriman surat melalui internet dengan menggunakan
waktu yang singkat dan cepat
d.      Home Page : halaman pertama dari suatu website
e.      Email Addres : sebuah alamat email yang akan dituju oleh pengguna
f.        ISP (Internet Service Provider) : sebuah perusahaan atau sebuah organisasi yang
menyediakan jasa layanan koneksi akses internet untuk perseorangan, perkantoran, kampus, sekolah, dan lain - lain.
g.      News Group : aplikasi di internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama
lain dalam sebuah forum
h.      Riset Pasar : sesuatu yang penting dalam bisnis karena dengan riset pasar akan
diketahui apa yang akan dibutuhkan pasar atau masyarakat dan juga mengetahui pesaing – pesaing bisnis.
i.        Segmen Pasar : kegiatan membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang berbeda
yang memiliki kebutuhan, karakteristik, perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk- produk atau pemasaran yang berbeda
j.        Secondary Market Research : informasi yang telah dipublikasikan oleh pihak lain
dan dapat dipilih mana yang relevan
k.       Primary Market Research : riset yang dilakukan sendiri,bukan dari informasi yang
didapat dari data yang telah di publikasi
l.        Front End : suatu halaman yang tanpa kita harus melakukan log in atau verifikasi
account
m.    Back End : suatu halaman yang dimana tidak bisa mengakses halaman tersebut
sebelum melakukan log in atau verifikasi account
n.      Global Text :
o.      Banner : merupakan bentuk iklan di internet yang paling sering dijumpai. Biasanya
sebuah banner berisikan teks atau pesan grafis singkat dan atraktif untuk mempromosikan suatu produk. Ada dua jenis banner, yaitu keyword banner dan random banner.
p.      Splash Screen : halaman pertama dari sebuah website yang digunakan untuk
menarik perhatian para pemakai internet untuk jangka pendek sebagai promosi atau wahana untuk memasuki homepage situs bersangkutan dan untuk menginformasikan kepada para pemakai mengenai tipe browser dan perangkat lunak lainnya yang dibutuhkan untuk membuka atau melihat situs tersebut.
q.      Spot Leasing : Search engines biasanya menyediakan ruang (spot) dalam
homepage-nya untuk disewakan kepada setiap pelaku bisnis yang berminat. Jangka waktu penyewaannya tergantung pada kesepakatan kontrak antara pemilik search engines dan penyewa. Jika banner di tayangkan pada berbagai waktu yang berbeda, maka iklan di spot leasing justru selalu ada sepanjang periode kontrak. Dengan demikian, tingkat persaingan pada spot leasing tidak seketat pada banner. Kelemahan spot leasing adalah bahwa biasanya ukuran iklan sangat terbatas dan kecil, sehingga bisa jadi para pengakses internet tidak melihat atau malah mengabaikannya. Selain itu, biayanya juga relatif sangat mahal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar